Jumat, 27 Mei 2016

Marhaban Ya Ramadhan


 " Marhaban ya Ramadhan berarti "Selamat datang Ramadhan" mengandung arti bahwa kita menyambutnya dengan lapang dada, penuh kegembiraan; tidak dengan menggerutu dan menganggap kehadirannya "mengganggu ketenangan" atau suasana nyaman kita.
Marhaban ya Ramadhan, kita ucapkan untuk bulan suci itu, karena kita mengharapkan agar jiwa raga kita diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah SWT

Setelah melakukan kegiatan malam nisfu sya'ban , kemudian ada juga megengan di bulan sya'ban / bulan kedelapan Hijriyah, maka Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah, dimana umat muslim melakukan aktivitas seperti puasa, shalat tarawih, peringatan turunnya Alquran,  Lailatul Qadar, serta memperbanyak bacaan Alqur'an,umrah, zakat fitrah dan diakhiri dengan merayakan Idul Fitri .
     Allah menurunkan rahmat-Nya melalui Bulan Ramadhan. Dimana kita dapat mendapatkan pahala, rahmat, hidayah dan ampunan-Nya. Dan Juga merupakan bulan yang melipat gandakan pahala.
Di bulan Ramadhan, kita juga dididik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan makan secara teratur. Atau kita diajarkan agar dapat mengatur waktu makan, bekerja, istirahat dan ibadah. Jadi, pendidikan itu berhubungan langsung dengan penataan kembali kehidupan kita di segala bidang. Namun hal yang paling berat adalah jihad melawan hawa nafsu sendiri / pengendalian hawa nafsu diri sendiri yang bertujuan untuk menyucikan dan memurnikan nafsu kita untuk kembali semurni-murninya, yaitu dalam keadaan fitri. 

     Bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah disamping ibadah wajib seperti sholat sunnat dhuha, rawatib dan tarawih serta tadarusan al-Al-qur’an. Bahkan dalam pengertian yang lebih luas, dimana semua makhluk diciptakan Allah sebagai hambaNya, maka semua aktivitas jasmani dan rohani kita di Bulan Ramadhan dilatih untuk selalu menyatakan kebiasaan-kebiasaan luhur bahwa semua aktivitas kehidupan kita sejatinya adalah ibadah kepadaNya.

Bulan Ramadhan merupakan waktu diturunkannya Al Qur’an sebagai mana disebutkan dalam Alquran :
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.."(Al-Baqarah 2: 185).

     Bulan Ramadhan adalah bulan dimana setan-setan dibelenggu, pintu-pintu Neraka ditutup dan pintu-pintu Surga dibuka sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :
”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

     Bulan Ramadhan adalah Bulan dimana terdapat malam yang penuh Kemuliaan dan Keberkahan seperti firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :
”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. ” (QS. Al Qadr: 1-3).


”Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan: 3).
Yang dimaksud malam yang diberkahi di sini adalah malam Lailatul Qadar

     Bulan Ramadhan adalah Bulan dimana salah satu waktu dikabulkannya Do’a. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” 
Dibulan Ramadhan ini, hendaklah kita sebagai umat muslim senantiasa memperbanyak aktivitas / kegiatan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.