Jumat, 18 Maret 2016

Taman Pendidikan Al-Quran


      Mencerdaskan kehidupan Bangsa dan mengembangkan Manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur,memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan maka diperlukan Pendidikan Islam yang baik.
Seiring dengan itu, maka arah dan tujuan pendidikan islam untuk mengembangkan kualitas sumberdaya manusia yang terarah, terpadu dan menyeluruh sangat memerlukan upaya peningkatan mutu pendidikan disegala jenjang dan jenis pendidikan. Untuk itulah, kami mendirikan TPQ Al-Kamil yang beralamat di Desa Bogorejo RT 05 RW 04, Kecamatan Merakurak,Kabupaten Tuban,Jawa Timur.Dan kegiatan kegiatan belajar mengajar di Musholla Al-Kamil.
     Taman Pendidikan Al-Qur'an pada dasarnya menjadi media bagi setiap umat Islam untuk melakukan transformasi ilmu pengetahuan. Lembaga Pendidikan Islam dalam hal ini TPQ sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berupaya pro aktif dalam membantu pemerintah dalam aktualisasi program pencerdasan bangsa dengan memberikan motifasi kepada masyarakat untuk sadar akan Pendidikan dengan tidak menelantarkan anak pada usia pendidikan serta pengembangan pengetahuan agama dalam rangka memberikan proteksi diri dari perkembangan zaman yang mana moral/akhlaq mulai ada indikasi terdegradasi. Namun tingkat keberhasilan kegiatan pembelajaran tersebut tidak hanya tergantung pada strategi atau sistem Kegiatan Belajar Mengajar yang baik dan proporsional tetapi harus pula didukung oleh tersedianya sarana dan prasarana yang cukup serta potensi keuangan yang memadai.
     TPQ setidaknya dapat memberikan konstribusi moral kita dan para pelaku pendidikan untuk mengarahkan dan membentuk kepribadian anak sejak dini yang syarat dengan nilai-nilai agama, untuk mencapai kualitas yang diinginkan. Lembaga TPQ memerlukan beberapa faktor pendukung seperti : Pengelola yang berkompeten, Tenaga Pengajar yang Proporsional, Sarana Pendidikan yang memadai dan Pembinaan yang berkelanjutan sebagaimana pendidikan yang lainnya. Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kwalitas tersebut setiap Pengelola TPQ membutuhkan bantuan pihak lain. Hubungan antara Masyarakat, Pemerintah dan Pengelola TPQ harus dibangun secara kondusif.
     TPQ Al-Kamil sebagai salah satu lembaga pendidikan Al-qur’an selalu berupaya pro aktif dalam membantu pemerintah dalam aktualisasi program tersebut dengan memberikan motifasi kepada masyarakat untuk sadar akan Pendidikan Islam. Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat dalam menyerahkan putra-putrinya di TPQ Al-Kamil, maka kami harus berbenah diri dengan menyediakan sarana dan prasaranan pendidikan sehingga tercipta Generasi Islam yang Utuhnya Kaffah dan Sempurnanya Al-Kamil.
Sebagai TPQ yang berdiri ditengah masyarakat berekonomi menengah kebawah dan syari'ah dari para orang / tua wali santri yang kurang maksimal , seringkali menjadikan pihak TPQ kesulitan untuk menjadikan masyarakat sebagai mitra koalisi dalam pengelolaan dan peningkatan mutu sarana TPQ yang bisa menghambat dinamika program pendidikan bagi santri-santri Al-Kamil.
     Dengan segala keterbatasan dan kerendahan hati, kami membuka seluas-luasnya uluran tangan se-ikhlas-nya bagi saudara-saudara untuk memperjuangkan kualitas pendidikan islam, khususnya pengembangan TPQ AL-Kamil. Ucapan Terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dan uluran tangan bapak/ibu/saudara dan semoga Allah SWT membalas segala kebaikan bapak/ibu/saudara semua. Amin,Amin,Amin.