Kamis, 17 Maret 2016

Pembangunan Musholla Al-Kamil

Musholla Al-Kamil

Tempat yang paling disenangi Allah SWT dipermukaan bumi adalah m
asjid dan mushalla yang didalamnya senantiasa disebut / di ingat asma Allah diwaktu pagi dan petang ( QS. An-Nur : 36 ).  Masjid /Musholla merupakan suatu sarana yang paling tepat untuk melaksanakan ibadah / mendekatkan diri kepada Allah swt bagi ummat islam.
Sarana ini mutlak diperlukan bagi masyarakat muslim, sebagai salah satu tempat yang didalamnya terdapat upaya pembinaan moral dan mental bangsa Indonesia berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu meningkatkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi  pekerti luhur , sehat jasmani dan rohaninya.
     Pembangunan di bidang agama bertujuan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan pribadi maupun masyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, membangun sarana ibadah adalah mengemban tugas agama. Hal ini diharapkan setiap individu yang taat kepada agamanya mempunyai peran dan andil yang sangat besar alam pembangunan bangsa dan negara
Begitu mulia kedudukan masjid / musholla didalam pandangan Allah SWT sehingga melalui masjid / musholla dapat menghantarkan diri seseorang kepada gerbang kesuksesan hidup diduniawi dan ukhrawi baik yang membangunnya maupun bagi pelaku ibadah didalamnya oleh karena itu : “Barang siapa yang membangun masjid karena taqwa kepada Allah SWT, (walaupun seperti sangkar burung) Allah SWT akan membangun baginya sebuah istana didalam surga” (Hadist : Bukhari dan Muslim).
     Begitu pentingnya keberadaan musholla sebagai tempat untuk kegiatan keagamaan, maka warga Desa Bogorejo RT 05 RW 04, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban yang selama ini belum mempunyai musholla, bermaksud mendirikan musholla yang diberi nama Al-Kamil.
Pembangunan musholla diharapkan menjadi salah satu arah pembangunan  bangsa dan pembangunan manusia seutuhnya.Sebab musholla adalah tepat sujud kepada Allah SWT, mempelajari imu agama, belajar membaca kitab suci Al Quran bagi putera dan puteri bangsa, juga sebagai tempat kegiatan besar umat Islam.
    Dengan adanya sarana ibadah yang memadai, dapat menanamkan sikap dan mendorong ke arah tingkah laku yang baik dan dapat di terima  oleh masyarakat luas. Untuk mencapai tujuan semua itu, maka langkah sederhana yang akan diambil adalah dengan membangun musholla yang sangat dibutuhkan oleh warga muslim di lingkungan kami
Adapun maksud dan tujuan pembangunan Musholla Al-Kamil :
  • Meningkatkan pengamalan terhadap arti dan makna dalam ajaran agama Islam melalui pelaksanaan ibadah dan pembelajaran ilmu agama dengan sarana yang cukup dan memadai
  • Menjadikan musholla sebagai pusat pendidikan akhlak terutama bagi anak – anak dan remaja
  • Menciptakan suasana Islami dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wujud pengamalan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.
  • Mendorong masyarakat agar memiliki kemampuan dan keseimbangan antara kehidupan lahiriah dan batiniah, tidak saja mengolah fisik tetapi juga ruhiyah sebagai pondasi kehidupan
Tempat Pembangunan  Musholla AL-Kamil diatas sebidang  tanah waqaf yang berasal dari warga [mohon ma'af, demi menjaga kebaikan , nama tidak bisa kami sebutkan,red].Tanah wakaf tersebut seluas 18 m X 16 m = 288 m² di Desa Bogorejo RT 05 RW 04,  Kecamatan Merakurak,  Kabupaten Tuban.Adapun Pembangunan Musholla Al-Kamil dimulai pada hari Jum’at, 19 Oktober 2012.