Rabu, 30 Maret 2016

Shodaqohnya Senyummu

Senyum adalah cara efektif membuat orang sekitar kita bahagia, membuat orang bersemangat, lebih produktif , merasa dekat dengan kita dan juga menambah pahala ibadah kita. Dan janganlah berwajah muram karena dapat merusak kebahagian dan semangat semua orang, juga akan membuat Allah dan orang sekitar membenci kita.
Senyum merupakan anugerah dari Allah SWT.
Agama menganjurkan agar kita selalu tersenyum : “Senyuman terhadap saudaramu adalah sebagai suatu shodaqoh” (HR. Bukhori).

Senyum dianggap shodaqoh karena senyum akan membawa kebahagian kepada orang-orang yang ada disekitar anda. Senyum membuat kebanyakan orang tersenyum, hal ini tentu akhirnya akan membuat menjadi lebih nyaman dan bahagia.
Senyum menyebabkan otot-otot wajah menguat, sehingga anda akan menjadi tampak lebih muda. Senyum ceria yang keluar dari dalam hati adalah link lebih baik, semakin tulus hati anda senyum akan semakin sempurna dan semua akan tercermin di wajah anda ; “Wajah adalah cermin dari hati”.(HR.-Muslim).
 “Jangan meremehkan sedikitpun tentang kebaikan meskipun hanya menjumpai kawan dengan berwajah ceria”, (HR. Muslim).

 “Aku tidak pernah melihat seorangpun lebih banyak tersenyum dari pada rasulullah SAW (Tirmizi, ahmad). “Sejak aku masuk Islam, setiap kali Rasulullah berpapasan dengan-ku atau melihatku, beliau pasti tersenyum.” (HR. Al-Bukhari)
Ali: “Rasulullah selalu tampak riang, ramah bergaul, bersikap lembut, tidak keras, tidak kasar, serta tidak suka berteriak-teriak di pasar, tidak berkata-kata kotor, serta tidak suka mecela maupu memuji”. (HR. Tirmizi).
“Sesungguhnya Allah itu indah dan senang kepada keindahan, bila seorang ke luar untuk menemui kawan-kawannya hendaklah merapikan dirinya” (HR. Al-Baihaqi).
Jangan tertawa terbahak-bahak. Aisyah :“Belum pernah aku melihat Rasulullah tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan anak lidah beliau. Namun beliau hanya tersenyum.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Berwajah muram tidak disukai Allah : “Sesungguhnya Allah membenci orang yang selalu berwajah muram di hadapan kawan-kawannya”. (HR. Ad-Dailami).
Jika wajah dan perilaku anda tidak baik, akan membuat orang kesal dan iri hati. “Kamu tidak bisa memperoleh simpati semua orang dengan hartamu, tetapi dengan wajah yang menarik (simpati) dan dengan akhlak yang baik” (HR. Abu Ya’la dan Al-Baihaqi).
Wajah muram akan membuat orang tidak suka terhadap anda, apalagi marah-marah ….. !
Ingat, hanya modal senyuman/ sabar (patient) saja, kita sudah bershodaqoh.