Rabu, 22 Juni 2016

Niat dan Do'a Zakat Fitrah

     Niat merupakan ibadah, oleh karena itu segala perbuatan baik hendaknya diawali/diikuti dengan niat, niat pada dasarnya ada dalam hati dan ketika hati sudah berniat untuk melakukan perbuatan baik maka, implementasikan niat itu dengan perbuatan nyata, seperti kita niat mengeluarkan zakat fitrah maka niat itu harus kita implementasikan dengan memberikan/menyerahkan zakat fitrah tersebut kepada yang berhak menerimanya atau melalu badan-badan amil zakat/panitia zakat di bulan suci Ramadhan.
      Ketika menyerahkan zakat fitrah secara langsung kepada penerima zakat (fakir, miskin) maka niat cukup dilakukan dalam hati bahwa kita berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri kita atau keluarga kita, hal ini dilakukan agar tidak menyinggung perasaan si-penerima zakat. Namun jika kita mengeluarkan zakat fitrah kepada amil zakat/panitia zakat maka ada baiknya niat zakat kita lafalkan, hal ini agar orang-orang disekitar tau dan menjadi saksi bahwa kita telah menyerahkan zakat kepadanya dan berharap di doakan oleh panitia zakat. 

Mudah-mudahan zakat yang telah kita keluarkan diterima Allah SWT, dan harta yang masih ada pada kita diberikan keberkahan dan zakat yang kita keluarkan menjadi pembersih jiwa kita. Zakat sendiri berarti berkah, tumbuh, bersih, baik dan bertambah.
      Berikut ini Niat dan Do'a Zakat Fitrah:
NoUntukNiat Zakat Fitrah
1Diri Sendiriنَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
ArtinyaSengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas diri saya sendiri, Fardhu karena Allah Ta’ala
2Istriنَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
ArtinyaSengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya, Fardhu karena Allah Ta’ala
3Anak laki-laki atau perempuanنَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ… / بِنْتِيْ… فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
ArtinyaSengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) / anak perempuan saya (sebut namanya), Fardhu karena Allah Ta’ala
4 Orang yang ia wakiliنَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
ArtinyaSengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala
5 Diri sendiri dan semua orang yang ia tanggung nafkahnyaنَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
ArtinyaSengaja saya mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya dilazimkan (diwajibkan) memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala
Do’a Menerima Zakat
Penerima Zakatءَاجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَ اللهُ لَكَ طَهُوْرًا
Artinya“Semoga Allah melimpahkan ganjaran pahala terhadap harta yang telah Engkau berikan dan semoga Allah memberkahi harta yang masih tersisa padamu, serta semoga Allah menjadikan dirimu suci bersih”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar